Nox Player Kamu Lag? Ikuti Cara Mengatasi Lag Pada Nox Player Ini!


2
Mengatasi Lag Pada Nox Player

Sebagian para pecinta Game mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Nox Emulator? Ya, nox merupakan Emulator Android yang bisa dipasang pada Windows maupun Mac, nox memiliki banyak kelebihan dibandingkan emulator lainnya, salah satunya adalah emulator tersebut tidak terlalu berat tergantung kita mengatur spesifikasi android kita.

Nox memiliki spesifikasi minimum agar berjalan dengan optimal, namun ada saja orang yang memiliki komputer spesifikasi rendah memaksakan memasang Nox Player pada komputernya. Dampaknya nox yang mereka install menjadi lemot, dan tidak berjalan dengan semestinya. Nah buat kamu yang ingin mengatasi lag pada nox Player, kamu dapat mengikut beberapa tips dibawah ini.

Apa Itu Nox Player? Kenapa Harus Nox Player?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, nox player merupakan emulator berbasis android yang bisa dipasang pada Windows dan MAC untuk menjalankan aplikasi dan game android. Kamu bisa bermain game seperti Mobile Legends, LoL, PUBGM, AoV, Free Fire, dan lain sebagainya di komputer kamu.

Nox Player juga memudahkan kamu untuk membuat kontrol sendiri dengan fitur key mapping yang tersedia, selain itu masih banyak fitur lain yang berguna untuk membantu Gamers memenangkan permainan, sebagai berikut:

  1. Multi-Instance Manager: Memungkinkan kamu untuk membuka nox player baru, tanpa harus menutup nox player yang sedang kamu pakai. Biasanya digunakan untuk membuka akun yang berbeda.
  2. Full Screen: Fitur untuk memperbesar tampilan nox player kamu, sehingga dapat leluasa melihat tampilan Game kamu.
  3. Rotate: Fitur untuk mengubah tampilan posisi layar, sehingga kamu dapat mengetahui posisi yang nyaman untuk kamu.
  4. Video Recorder: Fitur untuk merekam layar pada nox player, biasanya digunakan untuk merekam permainan yang sedang dimainkan.

Masih banyak fitur lain yang terdapat pada Nox Player yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan skill permainan kamu.

Spesifikasi Minimum Komputer Untuk Menjalankan Nox Player

Sebelum kamu mengunduh dan memasang Nox Player, kamu harus mengetahui spesifikasi minimum dan spesifikasi yang disarankan agar kinerja nox player pada komputermu menjadi optimal. Nox Player sudah menentukan spesifikasi minimun dan spesifikasi disarankan sebagai berikut:

  • Windows 7/8/10 (latest Service Pack)
  • CPU multiple core processors which support VT-x or AMD-V Virtualization Technology
  • Supports Open GL 2.0 or higher performance
  • 4GB RAM Memory
  • 1,5GB available hard drive space
  • Internet connection

Jika kamu tidak memiliki spesifikasi diatas, kamu masih bisa dapat memainkan nox player dengan spesifikasi dibawha ini.

  • Windows XP SP3/Vista/7/8/10
  • Dual Core Intel/AMD
  • Supports Open GL 2.0
  • 1,5 GB RAM Memory
  • Internet connection

Setelah kamu memastikan bahwa spesifikasi komputer kamu sesuai dengan diatas, kamu dapat langsung menuju tutorialnya dibawah ini.

Langkah Mudah Mengatasi Lag Pada Nox Player

Komputer kamu yang tidak memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, masih dapat meng-install Nox Player dengan spesifikasi android yang rendah. Sebab kamu masih harus membagi RAM dengan komputer kamu, berikut langkah mengatasi Lag pada Nox Player:

1. Aktifkan Mode Virtualization Technology

Buat kamu yang belum mengetahui arti VT atau Virtualization Technology, kamu dapat mencarinya di Google. Namun singkatnya VT dapat mempercepat jalannya komputer kamu, selain itu VT juga dapat membantu Nox Player untuk berjalan optimal dan tidak lag.

Sebelum mengaktifkan VT, kamu harus mengetahui apakah komputer kamu mendukung sistem VT? Untuk mengetahuinya kamu dapat menggunakan software bernama Leemon CPU-V. Software tersebut secara otomatis akan mendeteksi apakah komputer kamu mendukung sistem VT atau tidak.

Sebenarnya kamu juga bisa cek sistem VT pada aplikasi CPU-Z, namun disini kita akan menggunakan Leemon CPU-V yang sudah disarankan langsung oleh situs Nox Player.

  1. Download Leemon CPU-V.
  2. Setelah itu kamu install softwarenya lalu buka Leemon CPU-V nya.
  3. Nanti akan ada keterangan apakah komputer kamu sudah mendukung VT atau belum.
leomoon cpu v

Disana kamu dapat melihat keterangan tentang CPU, OS, VT Support, dan VT-x Enabled. Jika komputer kamu mendukung VT maka terdapat centang hijau pada bagian VT-x Supported, sedangkan VT-x Enabled menerangkan apakah kamu sudah mengaktifkan mode VT pada BIOS kamu atau belum.

2. Atur Core CPU

Mengatasi Lag Pada Nox

Pada saat pertama kali kamu meng-install nox player secara otomatis akan diberikan pengaturan Core CPU hanya 2. Core CPU tidak akan aktif sepenuhnya ketika kamu tidak sedang bermain game, sedangkan saat bermain game Core CPU akan aktif sepenuhnya.

Untuk memaksimalkan kinerja Nox Player, dibutuhkan Core CPU yang besar, semakin besar Core CPU semakin lancar juga Nox yang kamu gunakan. Untuk itu diperlukan pengaturan agar Core CPU pada Nox Player kamu semakin besar:

  1. Klik Tombol Setting disamping tombol Minimize.
  2. Pilih Tab Advanced Settings.
  3. Silahkan ubah Core CPU sesuai dengan Core CPU yang kamu gunakan.

Pastikan bahwa Core CPU yang kamu gunakan tidak melebihi Core CPU pada komputer kamu, misalnya Core CPU kamu hanya 2 Core, silahkan kamu setting sesuati dengan prosessor kamu. Sedangkan kalau kamu miliki 8 core, disarankan kamu setting nox player dengan 4 core saja.

3. Maksimalkan RAM

Screenshot 2

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan RAM sangat berpengaruh pada kinerja game yang kita mainkan, semakin RAM tinggi semakin bagus kinerja Nox Player untuk memproses Game yang kamu mainkan.

Secara default, Nox Player akan mengatur RAM hanya 1GB saja, tentu itu bukan sesuatu yang cukup terlebih lagi kalau kita bermain game berat seperti PUBGM, ML, AoV, dan lain-lain. Untuk mengatur RAM, kamu dapat mengikuti cara berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan Nox.
  2. Masuk ke Advanced Setting.
  3. Disamping CPU terdapat kolom pengaturan RAM.

Kami sarankan untuk mengatur RAM setengah dari RAM komputer kamu, jika kamu memiliki 4GB RAM, kamu dapat mengatur Nox Player dengan 2GB RAM. Begitu seterusnya, namun disarankan kamu mengatur nox player dengan 4GB RAM agar lebih optimal.

4. Atur Graphic Rendering Mode

Screenshot 3

Pada Nox Player terdapat pengaturan bernama Graphics Rendering Mode dan Frame Setting dimana kamu dapat menggunakannya untuk Mengatasi Lag Pada Nox Player. Sebaiknya pada pengaturaan Frame Setting dibiarkan saja sampai 60 Fps, hal tersebut agar game yang kamu mainkan agar lebih Smooth dan tidak patah-patah.

Untuk Graphics Rendering Mode terdapat dua jenis yakni OpenGL dan DirectX, terdapat perbedaan diantara keduanya. OpenGL memungkinkan kamu untuk meningkatkan performa Game yang sefdang kamu mainkan, sedangkan DirectX untuk menjaga Frame lebih stabil dan tidak drop tiba-tiba.


Like it? Share with your friends!

2
Game Koala

Akun Resmi GameKoala.com

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *